Menginstall Program Windows di Ubuntu

Awalnya saya mengira kalo aplikasi windows tidak bisa berjalan di ubuntu, ternyata perkiraan saya salah. Nyatanya ada beberapa aplikasi dan games windows yang bisa dijalankan di ubuntu walaupun tidak semua aplikasi dan games yg bisa. Tentunya menggunakan bantuan sebuah aplikasi khusus yang akan memungkinkan kita untuk menginstal aplikasi-aplikasi microsoft indows didalam Ubuntu.

Aplikasi tersebut adalah Wine yang merupakan singkatan dari Wine Is Not Emulator. Unik banget namanya bukan? Seolah-olah ingin menegaskan kepada penggunanya bahwa program ini bukanlah sebuah emulator walaupun cara kerjanya mirip dengan emulator. Oke langsung saja, saya anggap di ubuntu kalian sudah terinstall wine.

  1. Sebagai contoh kita akan menginstall program notepad++. Notepad++ adalah program text editor seperti notepad, namun memiliki fitur yang jauh lebih lengkap ketimbang notepad. Notepad++ juga bisa anda gunakan sebagai code editor (HTML, CSS, C+ dll)
  2. Untuk menginstall notepad++ terlebih dahulu kita sediakan aplikasinya, klik kanan "notepad++.exe" kemudian pilih Open With Wine Windows Program Loader
  3. Jika sudah, akan muncul jendela pop up. Pertama pilih bahasa yang akan digunakan, kemudian klik tombol OK
  4. Pada jendela berikutnya klik tombol next, baca license agrement kemudian klik Agree. Klik tombol next lagi pada jendela berikutnya dan terakhir klik tombol install. Proses instalasi selesai? klik Finish dan selesai sudah. Mudah bukan? Hmmm... ternyata instalasinya tidak ada bedanya dengan cara instalasi pada Microsoft Windows.

0 comments:

Post a Comment

Search

Get Update via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Recent Posts

Fans Page

 

Label

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Untuk Download di link mediafire, ketika muncul skipad klik kanan lalu copy link di tab baru