Sejarah Logo Penguin di Linux

Mungkin sebagian dari anda merasa familiar sengan gambar disamping? Yup... dia adalah TUX seekor penguin yang dijadikan maskot atau logo dari Linux. Kenapa logonya penguin sih? kenapa gak singa atau harimau gitu biar sangar? ada kisah menarik yang melatar belakangi dijadikannya penguin sebagai logo trademark Linux. Pada mulanya Linux tidak memiliki logo ataupun makot yang dijadikan sebagai trademarknya, sampai pada sauatu saat linus torvalds pergi berlibur ke daerah selatan. Tanpa disengaja, seekor penguin kecil menggigit jari linus dan membuatnya demam hingga berhari-hari.

Kejadian ini kemudian menginspirasi linus untuk menjadikan penguin ini sebagai logo atau trademark dari sistem operasi ciptaannya, dengan harapan "demam" Linux akan segera mewabah di kalangan para pengguna komputer (bisa aja om linus ini, xixixixi)
Lantas kenapa penguin tersebut dinamakan TUX? Hmmmm ternyata nama TUX bukan asal sembarangan diberikan loh, nama TUX sendiri merupakan akronim dari Torvalds Unix dan James Hughes yang merupakan oknum yang bertanggung jawab atas pemberian nama ini. Karakter TUX sendiri didesain oleh seorang seniman yang bernama Larry Ewing. Untuk mencegah adanya pemalsuan, Linux besarta TUX yang menjadi trademarknya kemudian didaftarkan, sehingga kini resmilah si penguin lucu TUX menjadi logo dari Linux.

0 comments:

Post a Comment

Search

Get Update via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Recent Posts

Fans Page

 

Label

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Untuk Download di link mediafire, ketika muncul skipad klik kanan lalu copy link di tab baru