AMD vs INTEL: Next Gaming Processor (1)

Processor-processor terbaru, baik dari pabrikan Intel maupun AMD yang diperkenalkan pada bulan Mei dan Juni, mulai bermunculan di pasaran. Untuk processor AMD, mereka memperkenalkan Athlon II X2 260, Athlon II X3 445, dan Athlon II X4 640. Ketiganya sudah beredar di pasar Indonesia. Harga untuk Athlon II X2 260 dibanderol hanya sekitar 660 ribuan. Athlon II X3 445 dihargai 700 ribuan, dan Athlon II X4 640 dibanderol dengan harga 900 ribuan.
Sedangkan untuk processor Intel, mereka memiliki beberapa jajaran processor baru. Untuk kelas low end, Intel memiliki processor PentiumE6700 (untuksocket LGA775), Core i5-655K, dan Core i7-875K (keduanya untuk socket LGA11xx). Pentium Dual Core E6700 sendiri memiliki 3,2 GHz clock rate, sehingga bagi Anda pengguna socket LGA775 bisa meng-upgrade processor single-core yang Anda miliki. Processor Intel Core i5-655K dan Core i7-875K adalah merupakan pengembangan dari processor Core i5-650 dan Core i7-870 dimana multipliers dari processor tersebut sudah factory unlocked. Penambahan huruf K di sini merupakan persamaan dengan yang dimiliki AMD dengan namanya Black Edition, yang artinya Anda bisa meng-overclock processor sampai limit tertinggi tanpa membebani kinerja system yang lain.


Yang menarik adalah bagaimana pabrikan memberikan harga pada processor terbarunya tersebut. Intel Core i5-655K berharga lebih mahal sekitar US$40 dibanding Intel Core i5-650, dan untuk Intel Core i7-875K berharga US$150 lebih mahal dibandingkan dengan Intel Core i7-870.

Recommended Processor

Beberapa processor yang kami rekomendasikan untuk bermain game kali ini memang ditujukan untuk para gamer, sehingga mereka nantinya mempunyai pilihan yang tepat dan sesuai dengan budget yang mereka miliki. Untuk Anda yang merasa bukan gamer, acuan ini tidak perlu Anda ikuti. Kriteria yang kami gunakan masih mengacu pada performa /harga, dimana ini juga yang kami terapkan pada penilaian di lab PC Media. Memang kami sadar ada beberapa faktor lain yang berpengaruh, seperti harga keseluruhan platform ataupun kemampuan overclock yang dimiliki, namun kami tidak akan memperluas penilaian sampai ke sana. Keadaan clock standar dan harga retail yang akan kami nilai.

Gaming Processor di Bawah US$90

 Kemampuan processor Triple-core memang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Contohnya seperti processor AMD Athlon II X3 435 yang  memiliki clock speed sebesar 2,9 GHz. Extra core yang dimilikinya sangat membantu jika Anda melakukan kegiatan multitasking pada system Anda. Processor ini memiliki overclocking headroom yang cukup baik, sehingga Anda bisa sedikit memaksanya untuk bekerja lebih dari nilai standarnya. Sedangkan processor yang saat ini paling tinggi untuk jajaran Triple Core pada AMD adalah Athlon II X3 445. Ia memiliki clock speed 3,1 GHz dan juga fitur overclock yang cukup baik, selain harga yang sangat terjangkau. Processor berharga US$100 US$130 pun performanya mampu disamai atau bahkan di lewati oleh processor ini. Kita ambil saja contoh Intel Core i3-530 yang berharga US$30 lebih mahal, namun performanya tidak mampu melampaui Athlon II X3 445 saat melakukan proses multitasking, dikarenakan arsitektur dual-core dari processor Intel tersebut.



Gaming Processor Antara US$91 – US$100
Untuk range harga ini dipastikan tidak ada yang bisa menandingi kemampuan Athlon X3 445. Jika pun ada, processor tersebut berharga lebih mahal, namun masih bisa dikatakan kemampuannya setara, atau memiliki faktor lain yang tidak dimiliki oleh Athlon II X3 445 yang membuatnya ikut menjadi rekomendasi. Pertama adalah processor AMD Athlon II X4 635. Memang clock speed yang dimiliki hanya 2,9 GHz dan bisa dengan mudah dilewati oleh Athlon X3 445 yang memiliki clock speed 3,1 GHz. Yang membuat processor Athlon X4 635 ini unggul adalah pada jumlah core yang dimiliki, yaitu 4 core. Beberapa judul game bisa dijalankan secara maksimal jika menggunakan processor dengan 4 core. Anda juga bisa menjalankan aplikasi secara multitasking, bersamaan dengan bermain game. Lainnya adalah Processor AMD Phenom
II X2 555 Black Edition. Processor ini sudah beredar di Indonesia dengan banderol harga sekitar 850 ribuan. Namun kecepatan yang dimiliki masih sedikit kalah dibandingkan AMD Athlon II X3 440 yang juga sudah tersedia di Indonesia. Hanya saja, Athlon II X3 440 tidak memiliki satu i tur penting yang dipunyai oleh Phenom II X2 555, yaitu Unlocked Clock Multiplier (i tur ini dimiliki oleh seluruh processor Black Edition). Dengan adanya i tur ini, Anda bisa meng-overclock dengan cara menaikkan multiplier dengan mudah lewat BIOS. Sebagai tambahan jika Anda beruntung dalam memilih processor, Phenom II X2
555 bisa di-unclock core processor-nya menjadi 4 core. Namun, hanya beberapa saja yang beruntung.

Gaming Processor Antara US$101 – US$130
Untuk range harga ini sebenarnya juga tidak banyak yang bisa direkomendasikan (khusus untuk gaming). Satu processor yang bisa masuk ke kategori ini adalah processor Intel Core i3-530 yang sudah bisa didapatkan di pasar Indonesia, banderol harganya adalah sekitar 954 ribuan. Kemampuan yang dimiliki melebihi Athlon X3 445, dan secara mengejutkan kemampuannya juga hampir menyamai Phenom II X4
945. Hanya saja kekurangannya adalah processor ini masih dual-core. Fitur Hyper-Threading yang dimiliki tidak sebaik true triple atau quad core processor, seperti pada Athlon II X3 dalam menjalankan fungsi multitasking. Untuk kecepatan yang mirip, yaitu 2,93 GHz, Anda juga bisa mempertimbangkan processor Intel Core 2 Duo E7500. Namun, processor ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang tidak mau meng-upgrade motherboard socket LGA775 Anda yang sudah mulai berumur. Kami rasa, ini adalah solusi cukup jitu, dan lagi processor ini bisa Anda dapatkan di Indonesia. Sebagai pembanding, Anda juga bisa
memilih processor dari AMD, yaitu AMD Phenom II X3 720 Black Edition. Selain i tur unclocked clock multiplier yang dimilikinya, ia terkadang juga memberikan sedikit keajaiban. Karena core keempatnya bisa Anda buka, tentunya jika Anda beruntung.

Source: PCMedia



0 comments:

Post a Comment

Search

Get Update via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Recent Posts

Fans Page

 

Label

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Untuk Download di link mediafire, ketika muncul skipad klik kanan lalu copy link di tab baru