Shortcut Pada Windows 7

Menampilkan Icon Home Directory ke Desktop
Salah satu perubahan baru pada Windows 7 adalah setiap user mempunyai direktori ”Home” yang benar-benar dapat diakses dan digunakan (pada Windows XP dan 2000, direktori tersebut tersembunyi, dan tidak dimaksudkan untuk digunakan). Beberapa i tur baru, seperti direktori Downloads, hanya dapat diakses melalui direktori Home, sehingga akan lebih cepat jika kita menampilkan icon-nya pada desktop. Untuk melakukannya, klik tombol Start, dan kemudian klik kanan user name Anda. Pilih Show on Desktop. Sekarang, home directory Anda tampil pada desktop. Anda juga bisa mengklik kanan desktop, pilih Personalize, dan kemudian Change desktop icons. Beri tanda centang boks User’s Files, dan kemudian klik OK.

Up ke Folder
Explorer pada Windows 7 tidak mempunyai tombol Up. Untungnya, ada shortcut keyboard pengganti. Misalkan kita ada di direktori D:\Downloads\ Software\. Memang, kita bisa mengklik ”Downloads” untuk menyimulasikan tombol Up, tapi tidak selalu bisa, terutama jika ukuran jendela diperkecil atau ada dua jendela ditampilkan berdam pingan. Supaya lebih mudah, Anda bisa menekan kombinasi tombol [Alt]+Up. Tekan terus sampai Anda di folder yang diinginkan. Kombinasi tombol lainnya adalah [Alt]+Right untuk ke direktori selanjutnya, [Alt]+[Left] untuk ke direktori sebelumnya, [Alt]+[D] untuk memilih alamat path sekarang, [F4] untuk menampilkan daftar address bar, [Alt]+[Enter] untuk melihat properties item, [Ctrl]+Mousewheel untuk  mengubah ukuran icon, dan [F11] untuk menampilkan Explorer dalam mode Fullscreen.


Membuat Folder Baru
Windows 7 mempunyai kombinasi tombol shortcut untuk membuat folder baru, yaitu [Ctrl]+[Shift]+N. Gunakan tombol shortcut ini di mana pun pada Windows Explorer, dan sebuah folder baru akan langsung dibuat.

Mengunci Layar Komputer
Cara paling cepat untuk mengunci layar komputer adalah dengan menggunakan shortcut keyboard [Windows]+L. Namun, beberapa orang lebih suka mengunakan mouse, atau ada juga yang suka menggunakan keduanya. Untuk mengunci layar komputer dengan menggunakan shortcut, klik kanan di sembarang tempat pada desktop, lalu pilih New, Shortcut. Masukkan perintah rundll32. exe user32.dll, LockWorkStation pada boks yang tersedia. Selanjutnya, beri nama shortcut, dan kemudian klik Finish.

Mematikan/Menyalakan Firewall
Pada waktu troubleshooting masalah jaringan, salah satu hal pertama yang dilakukan adalah mematikan Windows Firewall. Namun, terlalu banyak langkah yang diperlukan untuk mematikan dan menyalakanfirewall. Untungnya, dengan menggunakan utiliti netsh kita bisa membuat icon shortcut sederhana. Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukkan netsh firewall set opmode disable (untuk menyalakan firewall adalah netsh firewall set opmode enable). Lanjutkan ke langkah berikutnya, dan beri nama shortcut, misalnya ”Disable Firewall”. Sampai di sini, kita sudah mempunyai icon shorcut, tapi belum bisa berfungsi jika tidak dijalankan sebagai administrator.
Klik kanan shortcut, klik Properties. Ubah dulu Run ke Minimized supaya kita tidak melihat command prompt. Sekarang, klik tombol Advanced. Beri tanda Run as administrator. Anda juga bisa mengganti icon dengan mengklik tombol Change Icon. Supaya shortcut benar-benar cocok, browse ke %SystemRoot%\ system32\imageres.dll. Anda bisa menemukan perisai berwarna merah dan juga hijau. Untuk memastikan shortcut bekerja, coba jalankan, dan buka Windows Firewall, lalu klik link Turn Windows Firewall on or off. Bisa Anda lihat apakah i rewall dalam keadaan on atau off.

Kotak Dialog Safely Remove Hardware
Jika sering menggunakan perangkat removable seperti USB l ash drive, Anda mungkin sudah akrab dengan icon Safely Remove Hardware yang duduk di system tray. Masalahnya bagi banyak orang adalah bahwa icon ini ukurannya sangat kecil, dan mengkliknya kadang merepotkan. Tak bisakah kita membuat shortcut untuk membuka kotak dialog? Tentu saja Anda bisa, dan sangat mudah. Setidaknya, lebih mudah daripada mengklik icon kecil di system tray. Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Masukkan rundll32.exe shell32.dll, Control_RunDLL hotplug. dll pada boks Type the location of the item. Beri nama, dan sekarang Anda sudah mempunyai icon untuk menampilkan kotak dialog Safely Remove Hardware Jika Anda ingin membuat tombol shortcut ke kotak dialog, klik kanan icon, pilih Properties, dan kemudian masukkan tombol shortcut pada boks yang tersedia.

Mengosongkan Clipboard
Pernahkan Anda mengopi sesuatu ke clipboard tapi tidak ingin membiarkannya di situ, karena takut digunakan oleh orang lain? Memang, kita bisa langsung mengopi yang lain ke clipboard, tapi bisakah kita membuat shortcut untuk mengosongkan clipboard? Ini juga berguna jika Anda mengopi data yang sangat besar, dan tidak ingin membuangbuang memory. Jawabannya tentu saja bisa, yaitu dengan menggunakan utiliti clip.exe. Memang bukan dimaksudkan untuk mengosongkan clipboard, tapi dengan sedikit trik, kita bisa membuatnya untuk melakukan itu. Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukkan cmd /c ”echo off | clip”. Sampai di sini, kita sudah mempunyai icon yang akan langsung mengosongkan clipboard, tapi kita tweak sedikit. Klik kanan icon, dan kemudian klik Properties. Ubah Run ke Minimized supaya kita tidak melihat command prompt. Klik tombol Change Icon dan browse ke %SystemRoot%\system32\shell32.dll. Anda akan menemukan icon clipboard.
Sekarang, kita mempunyai icon menarik yang akan mengosongkan clipboard.

Membuka Task Manager ”All Users”
Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara membuka Task Manager ”all users”? Jika Anda bingung tentang apa yang kita bicarakan, pada tab Process di Task Manager ada sebuah tombol yang bernama Show processes from all users yang akan membuka ulang Task Manager, dan menampilkan semua proses. Ini dapat merepotkan jika Anda sering melakukannya. Untuk itu, klik kanan di sembarang tempat pada desktop (shortcut harus ada di desktop atau menu Start supaya bias bekerja), pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukkan taskmgr.exe. Beri nama shortcut, misalnya ”Task Manager (All Users)” supaya lebih deskriptif. Sekarang, klik kanan shortcut, klik Properties, dan kemudian klik tombol Advanced. Beri tanda centang boks Run as administrator. Tutup kotak dialog. Sekarang, Anda punya shortcut yang akan menjalankan Task Manager dengan view ”all users” (setelah UAC prompt).

Berpindah Power Plan
Pernahkah Anda ingin dapat langsung menekan sebuah hotkey untuk memberitahu Windows supaya beralih dari High Performance ke Power Saver? Tentu, Anda dapat menggunakan tray icon, tapi karena kita ingin menyesuaikan segala sesuatunya, maka selalu ada cara lain. Windows 7 mempunyai perintah powercfg yang dapat kita gunakan untuk mengetahui GUID, ID internal yang digunakan Windows, plan itu sendiri. Untuk menemukan GUID power plan, buka command prompt, dan ketik perintah powercfg -list. Selanjutnya, kita buat shortcut dengan mengklik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukkan powercfg -setactive <SCHEME_GUID> dengan <SCHEME_GUID> adalah GUID power plan Anda yang tadi kita lihat pada command prompt. Anda bisa mengulanginya lagi untuk membuat shortcut untuk power plan lainnya. Sekarang setelah mempunyai shortcut, kita dapat membuat tampilannya terlihat lebih baik dengan mengganti icon. Ada sejumlah icon yang cocok pada C:\Windows\System32\ powercpl. dll. Selanjutnya, Anda dapat mengeset tombol shortcut untuk mengaktifkan power plan dengan cepat.

Enable atau Disable Aero
Windows Aero merupakan user interface grafis menyenangkan dimana ada transparansi, taskbar thumbnail, animasi, dan fitur lainnya. Windows Aero merupakan tema default, tapi jika Anda ingin mematikan Aero untuk mengejar kinerja, klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Masukkan net stop uxsms pada boks Type the location of the item. Ini akan menghentikan service Desktop Window Manager Session Manager layanan, yang pada gilirannya menonaktifkan Aero, dan otomatis pindah ke skema Windows 7 Basic (untuk menyalakan Aero, gunakan perintah net start uxsms). Setelah selesai, klik kanan pada shortcut, klik kanan Advanced, dan kemudian beri tanda centang Run as administrator untuk menjalankannya.

Kotak Dialog Stored User Names and Passwords
Jika Anda pernah menyimpan password saat terhubung ke situs web yang memerlukan otentikasi, untuk sesi remote desktop atau drive yang dipetakan, Anda termungkin tertarik untuk membuat shortcut langsung ke kotak dialog dimana Anda dapat mengatur logon tersebut. Anda mungkin tidak menggunakannya setiap hari, tapi ada baiknya untuk menge tahui cara melakukannya. Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukkan rundll32.exe keymgr.
dll, KRShowKeyMgr, dan kemudian beri nama shortcut. Selanjutnya, klik kanan shortcut, klik Properties, dan kemudian klik tombol Change Icon. Browse ke C:\Windows\System32\keymgr.dll untuk mendapatkan icon yang cocok buat shortcut. Sekarang, kita punya icon yang cocok untuk membuka kotak dialog Stored User Names and Passwords.

Administrator Mode Tanpa UAC Prompt
Salah satu gangguan yang paling sering dibicarakan sejak Windows Vista adalah UAC prompt yang selalu tampil ketika kita hendak membuat perubahan sistem. Ini menjengkelkan, terutama ketika kita sering menjalankan tool tertentu yang memerlukan mode administrator untuk berjalan. Untungnya ada trik sederhana yang dapat kita lakukan untuk membuat shortcut mode administrator yang tidak menampilkan UAC prompt. Triknya adalah dengan membuat task yang dijadwalkan untuk menjalankan aplikasi dalam mode administrator, dan kemudian membuat shortcut terpisah untuk menjalankan task tersebut. Terdengar sulit? Tidak juga. Cukup ikuti petunjuk berikut. Ketik ”task” pada boks Search programs and files di menu Start, dan kemudian klik Task Scheduler untuk membukanya. Klik Create Task di sebelah kanan. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memberi nama buat task. Gunakan nama yang pendek, sederhana, dan kalau bisa tanpa spasi. Lalu beri tanda centang boks Run with highest privileges (sangat penting). Sekarang, pindahlah ke tab Actions, klik New, kemudian browse ke aplikasi yang hendak dibuka. Tutup kotak dialog dengan mengklik OK, dan task akan ditampilkan pada Task Scheduler Library. Klik kanan task, dan pilih Run untuk memastikan aplikasi dijalankan sesuai dengan yang diharapkan. Sampai di sini pembuatan task sudah selesai, dan bias ditutup asalkan Anda ingat nama task. Langkah selanjutnya adalah membuat shortcut untuk menjalankan task. Klik kanan di sembarang tempat pada desktop dan pilih New, Shortcut dari menu. Di sinilah hal sebenarnya terjadi. Kita tambahkan perintah yang akan menjalankan task yang kita buat. Pastikan Anda memasukkan perintah dalam format schtasks /run /tn ”TASKNAMEINQUOTES”, di mana huruf besar adalah nama task Anda (huruf besar/kecil sama saja). Setelah itu, beri nama shortcut, dan kemudian klik Next untuk membuatnya. Sampai di sini, kita sudah mempunyai shortcut yang akan menjalankan aplikasi dalam mode administrator. Namun, kita akan atur sedikit lagi. Buka Properties shortcut, dan kemudian ubah menu Run ke Minimized (untuk menyembunyikan perintah schtasks). Selanjutnya, klik Change Icon. Cara paling sederhana adalah dengan browse ke aplikasi yang kita buka dengan shortcut, dan kita akan lihat icon untuk aplikasi itu sendiri. Sekarang, kita punya icon menarik untuk menjalankan aplikasi dalam mode Administrator, tanpa prompt sama sekali.

Icon untuk Menjalankan Screensaver
Bagaimana membuat icon untuk memulai screensaver pada Windows 7? Pertanyaan ini sangat umum, jadi mari kita lihat caranya. Klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Untuk menjalankan screensaver, kita harus memasukkan path lengkap ke i le screensaver, diikuti dengan ”/s”. Misalnya % systemroot%\ System32\Bubbles.scr /s. Jika tidak tahu nama file-nya, Anda dapat browse ke folder \Windows\System32, dan kemudian cari i le dengan ekstension *.scr. Anda akan melihat nama file dari semua screensaver yang terinstal pada sistem.


Shutdown/Restart/Sleep/Hibernate
Jika Anda tidak menyukai menu shutdown Windows 7, maka Anda bukanlah satu-satunya. Sebagai alternatif, kita buat icon untuk mematikan, restart, sleep, atau hibernate komputer tanpa harus melalui menu popup. Trik ini bukanlah sesuatu yang baru, dan mungkin bagi sebagian orang sudah sangat lama. Meskipun begitu, masih saja muncul pertanyaan mengenai hal ini. Untuk itu, klik kanan di sembarang tempat pada desktop, pilih New, dan kemudian klik Shortcut. Pada boks Type the location of the item, masukkan shutdown –s -t 00 untuk mematikan komputer; shutdown –r -t 00 untuk me-restart komputer; rundll32.exe powrprof. dll, SetSuspendState 0,1,0 untuk sleep; dan rundll32.exe PowrProf.dll, SetSuspendState untuk hibernate. Ketika diminta untuk memberi nama shortcut, mungkin yang terbaik adalah nama yang sesuai dengan fungsinya. Setelah mengklik Finish, Anda sekarang memiliki icon baru untuk langsung mematikan, me-restart, sleep, dan hibernate komputer. Anda bisa menyeret mereka ke Taskbar supaya siap diakses kapan pun.

Membuka Daftar Jaringan
Salah satu gangguan terbesar pada Windows Vista yang ternyata masih berlanjut pada Windows 7 adalah kita tidak dapat langsung membuka daftar Network Connections untuk melihat daftar jaringan seperti halnya pada Windows XP. Pada Windows XP, kita bisa klik kanan koneksi jaringan apapun dan pilih Open Network Connections, tapi pada Windows 7, satu-satunya pilihan adalah membuka Network and Sharing Center. Untuk langsung membuka daftar jaringan, cukup ketik ncpa.cpl pada boks Search programs and files di menu Start. Anda bisa membuat shortcut untuk akses lebih mudah. Masukkan C:\Windows\ System32\ ncpa.cpl pada boks Type the location of the item di kotak dialog Create Shortcut.

Source: PCMedia

0 comments:

Post a Comment

Search

Get Update via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Recent Posts

Fans Page

 

Label

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Untuk Download di link mediafire, ketika muncul skipad klik kanan lalu copy link di tab baru